Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning

Authors

  • Yusnaeni Yusnaeni Universitas Nusa Cendana Author
  • Intan Rosario Mau Universitas Nusa Cendana Author
  • Sudirman Universitas Nusa Cendana Author

Keywords:

Hasil Belajar, Aktivitas guru, aktivitas peserta didik, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran yang diukur melalui aktivitas belajar peserta didik, aktivitas mengajar guru dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Kupang. Subyek penelitian berjumlah 35 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan tes. Instrumen pengumpulan Data yang digunakan adalah instrument lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan instrument tes  berupa soal pretest dan soal posttest. Hasil penelitian diperoleh : 1) aktivitas peserta didik berdasarkan hasil observasi meningkat sebesar 14,32 %, 2) hasil observasi aktivitas guru meningkat sebesar 9,44%, 3) Hasil belajar peserta didik sebesar 8,57% . Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model  Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-01-21