Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPK Muder Teresa

Authors

  • Kadek Ayu Astiti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang-NTT Author
  • Jannes Bastian Selly Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang-NTT Author
  • Priska Erluinsa Tualaka Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang-NTT Author

Keywords:

Model pembelajaran inkuiri terbimbing, IPA Terpadu (Fisika), Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMPK Muder Teresa pada pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A yang terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 65,5 dengan persentase ketuntasan 40%. Pada tes siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 81 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 85%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan yaitu, penerapan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPK Muder Teresa. Karena demikian hal ini ditunjukkan dari hasil tes yang mengalami peningkatan dari dari siklus I sampai siklus II. Meningkat rata-rata hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan rumus gain rata-rata ternormalisasi yaitu sebesar 0,44 atau 44%.  Peningkatan hasil belajar ini termasuk dalam kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa model inkuiri terbimbing dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan melatih siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.  

Downloads

Published

2024-01-21