HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR BIOLOGI DENGAN NILAI UAS MATA KULIAH BIOLOGI UMUM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNDANA

Authors

  • Moses Kopong Tokan Universitas Nusa Cendana Author
  • Lidia Susanti Nuryati Universitas Nusa Cendana Author
  • Arini Rahma Dhani Universitas Nusa Cendana Author
  • Yusnaeni Universitas Nusa Cendana Author

DOI:

https://doi.org/10.69869/e3sj9511

Keywords:

Minat Belajar, Hasil Belajar, Biologi Umum, Korelasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Biologi Umum di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2022 hingga 2024 yang telah menempuh mata kuliah Biologi Umum, dengan jumlah total 242 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 72 orang dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel proporsional. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar yang dikembangkan oleh Knekta dkk. (2020), yang terdiri atas 33 butir pernyataan yang mencakup tiga indikator utama yaitu: perasaan senang, nilai, dan keterlibatan. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh rata-rata skor minat belajar sebesar 134,11 dengan mayoritas responden (58,3%) berada pada kategori tinggi dan 40,3% pada kategori sangat tinggi. Sedangkan data nilai UAS menunjukkan bahwa seluruh responden (100%) dinyatakan lulus, dengan mayoritas (59,7%) memperoleh nilai A. Selain itu, penelitian ini juga menemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar yang diukur melalui nilai UAS. Nilai korelasi yang ditemukan sebesar 0,447, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi minat belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai

Author Biography

  • Lidia Susanti Nuryati, Universitas Nusa Cendana

    Mohon dipertimbangkan untuk publikasi

References

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.

Knekta E., Rowland A. A., Corwin L. A., Eddy S. 2020. Measuring university students’ interest in biology: evalution of an instrument targeting Hidi and Renninger’s individual interest, International. Journal of STEM Education 7. (23): 1-16.

Mahmud A. 2005. Minat dan Motivasi dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Insani.

Ospa Pea Yuanita Meishanti. 2020. Project Based Learning Berbasis Stem Design Thinking Process untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. JURNAL EDUSCOPE, Januari, 2020, Vol. 05 No. 02

Sewang P. 2015. Pendidikan dan Perannya dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilawati, M., Mas’ud, F., Sarifah, L., Rais, R., & Kumagaya, J. P. (2025). Counseling on the Use of Meta Ai in Improving Digital Literacy in Rural Communities in Indonesia: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 2170-2176. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.861

Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177-183.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Downloads

Published

2025-07-05