Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) dan Pendekatan Universal Design for Learning (UDL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Energi Terbarukan Siswa Kelas X SMA Negeri Oenino Timor Tengah Selatan.

Authors

  • Marten Asa Bansae Universitas Nusa Cendana Author
  • Amiruddin Suppu Universitas Nusa Cendana Author
  • Welhelmina Kameo Universitas Nusa Cendana Author
  • Fakhrudin Universitas Nusa Cendana Author

DOI:

https://doi.org/10.69869/zmmseg24

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendekatan Pengajaran pada Tingkat yang Tepat (TaRL), Pendekatan Desain Universal untuk Pembelajaran (UDL), Hasil Belajar

Abstract

Implementasi pendidikan di Indonesia saat ini masih menerapkan sistem pembelajaran yang menyeragamkan semua peserta didik. Padahal, pendidikan seharusnya mampu menyadari bahwa setiap peserta didik adalah individu yang unik dan memiliki karakter yang beragam. Tugas seorang pendidik adalah membimbing anak agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodratnya dalam mencapai kebahagiaan dan keselamatan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menerapkan konsep pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi membandingkan dua pendekatan, yaitu Teaching at the Right Level (TaRL) yang berfokus pada tingkat kemampuan siswa, dan Universal Design for Learning (UDL) yang bertujuan meningkatkan pengalaman belajar semua peserta didik dengan cara menghilangkan hambatan dan memperluas akses terhadap pembelajaran.

Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposif. Kelas X MIPA 1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen, dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 82,2, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71,3. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan Differentiated Learning menggunakan Teaching at the Right Level (TaRL) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan Differentiated Learning dengan Universal Design for Learning (UDL). Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t satu pihak (kanan) yang menunjukkan nilai thitung = 4,79 > ttabel = 1,685954. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan Differentiated Learning dengan Teaching at the Right Level (TaRL) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pendekatan Universal Design for Learning (UDL).

References

Avianti, M. N., Setiani, A. R., Lestari, I., Septiawati, L., Lista, L., & Saefullah, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI melalui Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Jeumpa, 10(2), 231–239. https://doi.org/10.33059/jj.v10i2.7610

Dalimunthe, H. A., Dewi, S. S., & Faadhil, F. (2020). Pelatihan Universal Design for Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dalam Mengajar. Jurnal Diversita, 6(1), 133–142. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3784

Etikamurni, D. P., Istyowati, A., & Ayu, H. D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning-Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains & Teknologi Rainstek, 5(2), 180–189. ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Saparia, A., & Palu, U. T. (2023). Penerapan pembelajaran diferensiasi mengoptimalkan minat dan bakat murid dalam pembelajaran pjok smp al azhar mandiri palu Talents in learning educational private vocational school of al azhar mandiri palu Berdasarkan Undang-undang Sisdiknas ( Sistem Pend. 22(4), 54–61.

Susilawati, M., Mas’ud, F., Sarifah, L., Rais, R., & Kumagaya, J. P. (2025). Counseling on the Use of Meta Ai in Improving Digital Literacy in Rural Communities in Indonesia: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 2170-2176. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.861

Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177-183.

Downloads

Published

2025-06-30