Analisis penerapan dan pengembangan kurikulum merdeka belajar terhadap karakteristik 4c (communication, collaboration, critical thinking, and creativity) pembelajaran abad 21 tingkat sekolah menengah atas(sistematic literature review)
DOI:
https://doi.org/10.69869/5m7ant21Keywords:
Kurikulum Merdeka Belajar, Keterampilan 4C, Systematic Literature ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap karakteristik 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Creativity) pembelajaran abad 21 pada Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 30 artikel ilmiah yang relevan dengan topik, yang diperoleh melaui seleksi kriteria inklusi dan ekslusi yang pada data base google scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar masih berlangsung secara bertahap dan belum merata di SMA serta Keterampilan abad 21 komunikasi, kolaborasi dan kreativitas menunjukkan peningkatan yang signifikan sedangkan berpikir kritis masih membutuhkan strategi khusus. Ditemukan pula bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dan masalah, lingkungan belajar yang kolaboratif serta integrasi teknologi sangat berpengaruh dalam peningkatan keterampilan 4C. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan guru secara intensif, penggunaan pendekatan pembelajaran inovatif, serta evaluasi berbasis proyek untuk mendukung efektivitas kurikulum merdeka dalam membentuk peserta didik yang adaptif di era abad 21.
References
Fatirul, A. N., dan Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidan Pembelajaran (Edisi khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik). Pascal Books.
Istianah, A., Irawan, H., & Mas’ud, F. (2024). Peran Guru Pendiddikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sekolag Damai Berkebhinnekaan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 11(02).
Jihan, Misbahuddin Jamal, Muhajir Musa, Darmawati, Muhammadong. 2023. Pola Penerapan Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 3(3) : 188-198
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI KEBINEKAAN INDONESIA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH KUPANG. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.
L Maulidia, Tia Nafaridah, Ahmad. 2023. Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prospek. 1(1): 127-133
Manalu, dan Henrika Turnip. 2022. Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research 1(1):80–86.
Mas' ud, F., Kale, D. Y. A., Doko, M. M., & Nassa, D. Y. (2025). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Tangguh Denara Jaya Publisher.
Mas' ud, F., & Istianah, A. (2025). EKOSISTEM DIGITAL DAN NARASI KEBANGSAAN: RELEVANSI PANCASILA SEBAGAI PENUNTUN ETIKA PUBLIK VIRTUAL. Haumeni Journal of Education, 5(1), 18-26.
Moher, David, Alessandro Liberati, Jennifer Tetzlaff, dan Douglas G. Altman. 2009. Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta analyses.The PRISMA Statement.3(2):123-130.
Rezha Rizky, dan Novitasary. 2023. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 4(2): 100 -112
Sartini, dan Rahmat Mulyono. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21.Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang.8(2):1348–1363.
Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177-183.
Wahono. 2015. A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Journal of Software Engineering.1(1):1-15
Winda Winda, Trisnawati dan Arini Kumala Sari. 2019. Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan. 4(2): 455-466