INTERNALISASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 2 KOTA KUPANG

Authors

  • Thomas Kemil Masi Universitas Nusa Cendana Author

DOI:

https://doi.org/10.69869/83a3xy85

Keywords:

Karakter, Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler Pramuka

Abstract

Tujuan Penelitian (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada peserta didik di SMA Negeri 2 Kota Kupang. (2) Untuk mendeskripsikan dampak positif dan negatif dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik di SMA Negeri 2 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis dengan merangkum hal-hal pokok, menyajikan data ke dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Pembina Pramuka SMA Negeri 2 Kota Kupang, dan peserta didik SMA Negeri 2 Kota Kupang.  Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan karakter tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 2 Kota Kupang, yaitu dengan cara siswa mengelola waktunya dengan baik agar dapat mengikuti kegiatan karena, hal tersebut dapat membantu mereka dalam mengembangkan karakter tanggung jawab, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, membangun kerja sama tim, serta memperkuat mental dan fisik. Dampak positif dari  ekstrakurikuler pramuka ialah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan kedisiplinan, taat pada aturan yang berlaku, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan bekerjasama. Sedangkan, dampak negatif dari ekstrakurikuler pramuka ini ialah adanya beberapa peserta didik yang lebih aktif dalam ekstrakurikuler pramuka dibandingkan pada proses pembelajaran di dalam kelas.

References

Agus Dani & Budi Anwari, Buku Panduan Pramuka Siaga, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2015).

Amin, Maswardi M. 2015. Pendidikan Karakter Anak Bangsa, Yogyakarta : Calpulis.

Aziz, RA, & Ulya, VF (2022). Internalisasi nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan …, ejournal.uit-lirboyo.ac.id, https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/intelektual/article/view/2705

Kemendiknas (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Puskur. Balitbang Kemendiknas.

Ilmiah …, journal.stkipsubang.ac.id, http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1402

Masud, Fadil. (2019). Implikasi Undang-Undang Perlindungan Anak terhadap Pekerja Anak (Suatu Kajian Sosiologi Hukum terhadap Anak Penjual Koran di Kota Kupang). JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 4(2), 11–19. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n2.2019.pp11-19

Putra, MA, & Manurizal, L (2021). Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Sikap Disiplin Siswa di SMP N 1 Tambusai Utara: Ekstrakurikuler Pramuka. Journal Of Sport Education and …, journal.upp.ac.id, https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/1134

Salusu (2014:55-56), Implementasi Sebagai Operasional. Jakarta Grasindo

Warsono, S. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469-476.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Rawangun. No. 23.

Downloads

Published

2025-01-17