Analisis Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang
DOI:
https://doi.org/10.69869/zk8p9g69Keywords:
Geometri, Level Berpikir Geometri, Van HieleAbstract
Berpikir geometri adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geometri. Kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika masih belum optimal dikarenakan guru cenderung memberikan soal hanya berkaitan dengan rumus matematika sehingga siswa hanya berpatokan pada penghafal rumus dan perhitungan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis level berpikir geometri menurut teori Van Hiele pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, instrumen yang digunakan berupa soal tes dan pedoman wawancara. Hasil tes menunjukan bahwa rata-rata pemahaman geometri siswa pada materi bangun datar berada pada level 0(visualisasi) dan level 1 (analisis). Berdasarkan hasil tes dan wawancara diperoleh hasil ada 1 orang yang belum memenuhi level berpikir geometri Van Hiele, ada 2 orang yang memenuhi level 0 (visualisasi), 3 orang yang memenuhi level 1 (analisis), dan ada 1 orang yang memenuhi level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami materi geometri pada bangun datar maka diperlukan pengajaran berdasarkan level berpikir siswa, sehingga mempermudah siswa dalam belajar. Jadi siswa tidak hanya belajar menghafak melainkan langsung melihat kontekstual dari bangun-bangun tersebut.